Preprint / Version 1

Sistem Manajemen Jaminan Mutu Syariah

##article.authors##

  • Rambat Lupiyoadi

Abstract

Menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis memerlukan pemahaman aspek menjaga mutu dari produk dan jasa yang kita hasilkan. Menjaga manajemen mutu yang baik dapat menghasilkan produk dan jasa yang dapat memuaskan pembeli sebagai pengguna jasa dan produk. Dewasa ini, banyak terdapat keluhan konsumen terhadap kualitas produk atau jasa yang dihasilkan oleh UMKM. Adapun keluhan yang dirasakan oleh konsumen seperti produk yang diragukan kehalalannya, kebersihan, kesehatan produk, daya tahan produk. Sedangkan dari sisi pelayanan seperti kurang akuratnya manfaat yang dirasakan konsumen jika dibandingkan dengan informasi yang ditawarkan, layanan yang kurang ramah dari UMKM, pelayanan yang kurang sigap, dan kurang profesionalitasnya layanan yang diberikan oleh UMKM. Karena pada dasarnya bisnis bergantung pada kepuasan pelanggan, maka manajemen mutu memiliki peran besar terhadap kemajuan dan kesuksesan sebuah bisnis.

Downloads

Posted

2023-01-11